BULAN KE-1

EPISODE: MENGEJA BAHAGIA DAN ASA

Masih teringat jelas dimana aku berjalan menjauhi area tunggu menuju counter check in bandara dengan mata sembab dan raga ini seolah-olah tak lagi bersama dengan pikiran dan hati.Semua menjadi hambar, kosong, seperti bukan yang selama ini aku impikan.

Menjelang waktu boarding kulihat di luar jendela bandara, si burung besi dari Dubai itu tengah berdiri gagah menunggu para penumpang di tengah dinginnya malam. Tiba saatnya kuberanjak menujunya dengan merapel doa dan dzikir sebanyak yang aku mampu. Kuatkan hamba ya Rabb, batinku selalu. Setibanya di kursi penumpang, dan menunggu pesawat take off, aku berkenalan dengan seorang penumpang berjilbab di sebelahku. Seorang wanita yang kulihat jelas sangat sembab dan murung wajahnya.

Dengan sangat hati-hati aku mengajaknya berbicara dan dia pun menyambutnya dengan ramah seolah ia baik-baik saja walau pada akhirnya aku tahu bahwa ia sedang tidak baik-baik saja. Iya, dia juga sama sepertiku, sama-sama sedang berusaha mengeja bahagia dan asa dalam waktu yang sama. Mba Di, sebut saja begitu. Mba Di ini tengah menjemput impiannya untuk bekerja di kapal pesiar miliknya Disney (Disney Cruise) di Amerika Serikat, dan ia pun juga harus berpisah sementara dengan suami dan keempat anak-anaknya. Ia sangat bersedih hati karena anaknya yang paling kecil belum genap 1 tahun saat itu. Kami pun berpelukan saat aku bercerita terkait hal yang sama kepadanya dan qodarullah, kami pun harus berpisah saat transit di Dubai, karena pesawatku akan lanjut ke Inggris dan pesawat Mba Di akan lanjut ke Amerika Serikat.

Dari perjalanan beberapa jam ini, aku mendapatkan banyak sekali hikmah bahwa,


I am not the only person who are burden with this sadness and Allah will never put you in a situation that you cannot handle. Yes, I have to be strong. And I could !

Akhirnya, 27 Januari 2017 sampailah juga aku di Inggris via bandara di kota Birmingham karena bandara ini yang paling dekat dengan Nottingham, kota dimana aku akan melanjutkan study. Dan benar saja, terkadang memang kita harus mengeja bahagia dan asa di saat yang bersamaan agar kita selalu ingat bahwa, tiada daya dan upaya melainkan atas Kehendak-Nya.

Wallahua’lam bishowab.

The very first pose in front of my rented house.

Nottingham, November 2019.

One thought on “BULAN KE-1”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.